Jumat, 23 Maret 2012

Buku BSE : PKn Menumbuhkan Nasionalisme dan Patriotisme 7 SMP

PKn Menumbuhkan Nasionalisme dan Patriotisme
Kelas VII SMP/MTs

 
Penulis : Lukman Surya Saputra
Penyunting : Dindin Supratman
Pewajah Isi : Dudung Suwargana
Pewajah Sampul : A. Purnama

Resensi Buku
Materi-materi pembelajaran pada buku ini disajikan secara sistematis, komunikatif, dan integratif. Di setiap awal bab, dilengkapi gambar pembuka pelajaran, bertujuan memberikan gambaran materi pembelajaran yang akan dibahas, dan mengajarkan siswa konsep berpikir kontekstual sekaligus merangsang cara berpikir kontekstual. Selain itu, buku ini juga ditata dengan format yang menarik dan didukung dengan foto dan ilustrasi yang representatif. Penggunaan bahasa yang sederhana, sesuai dengan tingkatan kognitif siswa membuat pembaca lebih mudah memahaminya.

Buku ini terdiri atas empat bab, yaitu Norma dan Hukum, Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi, Hak Asasi Manusia, dan Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat. Buku ini dilengkapi juga dengan materi dan soal pengayaan.


Berikut ini panduan membaca yang kami susun agar mempermudah kamu membaca dan memahami isi buku ini. Apa Manfaat Bagiku? (1), tujuan umum yang harus kamu capai pada bab yang kamu pelajari. Kata Kunci (2), kemampuan yang harus kamu kuasai dalam bab. Civic Info (3), berisi konsep dan informasi yang dapat menambah wawas an mengenai materi Pendidi kan Kewarganegaraan. Telaah (4), berisi pemaparan konsep yang diakhiri dengan analisis secara kritis sehingga tumbuh rasa ingin tahu siswa. Zoom (5), yaitu catatan atau halhal penting yang perlu diketahui siswa. Good to Know (6), berisi pengayaan me genai informasi dan aplikasi dari materi yang sedang di pe lajari, disaji kan dalam dua bahasa (bilingual). Spirit
(7), pernyataan/pertanyaan untuk membangun motivasi siswa dalam hal etos kerja dan kualitas diri. Soal Pengayaan (8), berisi soal-soal EBTANAS/UAN. Studi Dokumenter (9), kegiatan lapangan yang dilakukan secara ber kelompok atau sendiri agar siswa lebih aktif. Kupas Tuntas (10), yaitu soal-soal pro b lem solving
(pemecahan masalah) yang disarikan dari artikel media massa. Pengamalan Pancasila (11), adalah kandungan pengamalan Pancasila yang ada dalam setiap bab. Kajian Empirik (12), kegiatan percobaan untuk meningkatkan pema haman konsep PKn. Portofolio (13), adalah tugas lapang an yang bertujuan untuk menggali infor masi, menum buhkan daya kritis, dan rasa ingin tahu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar